Kamis, 08 Desember 2011

BINTANG KAMU

bintang kamu


SAGITARIUS ( 23 NOVEMBER – 21 DESEMBER )
           
            Ndak ngira ya, tahun demikian cepat berlalu.  Masih teringat betapa di pergantian tahun 2010 – 2011 lalu, kita mencanangkan tinggi pencapaian ideal yang ingin kita gapai di 2011. Betapa menggebunya menyusun langkah, menyusun skala prioritas, target capaian angan dan ingin, masih terlalu segar untuk dilupakan. Lha kok ini sudah mulai masuk bulan terakhir 2011. Kok cepat ya, waktu berlari meninggalkan segala asa yang tak terkejar lagi itu ?
            Hehehehe ternyata masih banyak PR yang harus diselesaikan di tahun 2012 nanti. Ternyata aku tidak setegar apa yang aku kira. Aku ternyata masih juga terhinggapi penyakit malas dan ogah-ogahan. Aku ternyata belum mampu benar-benar menjadi pribadi yang mandiri. Sudah tahu akan banyak aral dan rintangan atas proyeksi rintisan masa depan, aku kok bisa sampai dikalahkan oleh rasa malas dan ogah-ogahan itu ya ? Yang di atas kertas ternyata tidak semudah membalik telapak tangan untuk implementasinya. Jadi ? Kembali lagi, kamu harus introspeksi. Mawas diri, dan berkontemplasilah, agar kamu benar-benar tahu secara persis seberapa kuat mentalmu, seberapa tabah imanmu, dan seberapa tinggi ambisimu mengejar semua yang menjadi dambamu. Oke ?
Sekolah: Seberapa kuat ambisimu itu, semuanya harus kamu sinkronkan dengan kualitas dan kemampuan otakmu.
Keuangan : Hambatan itu jangan membuatmu terpuruk gitu dong ? Masih banyak jalan lain yang bisa menghantar kamu ke damba, angan dan inginmu.
Pertemanan : Jangan bunuh ’rasa’ itu, agar hidupmu tidak lagi hampa seperti saat ini.
Kesehatan :  Kamu punya kecenderungan untuk menjadi gemuk. Jaga pola makanmu. ”Berhentilah makan sebelum kamu kenyang, dan makanlah sebelum kamu lapar.”


CAPRICORNUS ( 22 DESEMBER – 20 JANUARI)
           
            Silahkan kamu menarget  diri sendiri untuk tidak terus jadi jomblo forever. Hanya pesan paman, jangan terlalu serius menjalani hidup. Kamu masih remaja, jangkauan masa depanmu masih panjang. Buatlah hidupmu makin berarti dengan sesuai dengan usiamu. Yakinlah, jodoh setiap insan itu sudah ditetapkan masing-masingnya oleh Nya. Kamu hanya tinggal menunggu diberi kesempatan oleh Nya untuk mulai mengenalnya.
            Tapi kalau kemudian kamu risih dengan predikat jomblo forever, dan bertekad mencanangkan untuk 2012 nanti predikat itu harus lepas. Maka perbaikilah kualitas hidupmu. Jangan terlalu serius memaknai setiap peluang, kesempatan mengenal pribadi yang kemungkinan akan cocok denganmu. Kalau kamu terlalu serius, bukannya kesempatan yang akan kamu dapat, tapi malah kesengsaraan. Ingat, segalanya sudah kamu punyai. Hanya sikap terlalu seriusmu saja yang membuat banyak pribadi yang mau mendekat, takut. Santailah, dan nikmati peranmu di usia remaja saat ini.
Sekolah:  Coba kembali kamu susun skala prioritas atas studimu. Jangan kalahkan itu oleh kegiatan yang kurang berguna, karena tugasmu saat ini ya belajar dan belajar. Oke ?
Keuangan : Tidak akan terlalu menjadi masalah.
Pertemanan :  Yang manis itu sebenarnya menaruh hati, tapi melihat seriusnya kamu memaknai dan menjalani keseharianmu saat ini, ragu-ragu deh dia. Senyumlah dengan ikhlas, maka betapa indahnya duniamu sebenarnya.
Kesehatan :  Kurangi mengkonsumsi makanan cepat saji yang menjadi kegemaranmu itu.

AQUARIUS ( 21 JANUARI – 19 FEBRUARI )
           
            Jangan berlari menuju ke arah yang kamu tidak tahu akan sampai di mana nantinya. Ujilah sekali lagi angan dan inginmu. Tentukan skala prioritas yang ingin kamu capai di 2012 nanti. Gapai itu step by step, tuntaskan satu persatu. Jangan langsung kebut dalam satu kesempatan, karena pasti hasilnya tidak akan bisa maksimal. Dan yang paling penting, segera cari alternatif pilihan yang lain begitu kamu mendapatkan aral. Itu penting agar kamu bisa menentukan yang paling terbaik bagi kamu.
            Sadari dan syukuri akan kesempurnaan hidup yang kami jalani saat ini. Jangan sia-siakan itu. Segala yang tidak perlu, dan hanya menjadi pengganggu rutinitas kamu sebagai pelajar, tinggalkan saja. Kelebihan materi yang diberikan orang tuamu, pergunakan untuk menambah nilai lebih nilai ibadahmu. Susunlah proposal hidupmu agar makin lebih berguna bagi lingkunganmu yang kurang beruntung. Yakinlah, orang tuamu tidak akan menjadi miskin saat kamu menggunakan apa yang diberikan kepadamu untuk memperbaiki kualitas dirimu, di mata Allah Yang Esa.    
Sekolah : Buatlah kelompok belajar. Hal itu akan makin mengajarkanmu untuk lebih menghargai perasaan orang.
Keuangan : Tangan di atas lebih mulia daripada tangan di bawah.
Pertemanan : Yang kamu butuhkan bukan si dia dengan semua duniawinya itu. Kamu lebih butuh sosok yang bisa membimbing dan menjadi imam bagi hari-harimu. Hidupmu tidak akan berarti apa-apa, kalau kualitas ibadahmu masih memble.
Kesehatan :  Musim penghujan udah mulai lho. Kalau terpaksa harus keluar malam, pakai jaket yang tebal.


PISCES ( 20 FEBRUARI – 20 MARET )

            Kenyataan itu tidaklah seindah aslinya. Berulangkali kamu terperosok ke lobang yang sama, kenapa tetap saja kamu mesti bergaul dengan sumbernya ? Apa yang ditawarkan pergaulanmu itu sebenarnya tidak semanis dan seindah yang kamu kira. Kamu tidak merasakan, kalau selama ini kamu yang harus banyak berkorban, baik waktu maupun dana. Cobalah untuk pelan-pelan meninggalkan pergaulanmu itu, kalau kamu merasa makin tidak nyaman. Sukar memang, tapi kamu harus berani untuk itu, agar di 2012 nanti, ada kualitas di diri yang bisa memberi rasa bangga pada orang tua.
            Sebenarnya pergaulanmu itu juga tidak salah. Tidak melanggar aturan sosial dan norma agama. Tapi, karena terlalu banyak yang harus kamu korbankan demi menjaga pergaulanmu itu, maka sudah seyogyanya kamu berani untuk pelan-pelan meninggalkannya. Atau begini saja, karena kamu menjadi leader di pergaulanmu itu, bagaimana kalau kamu yang memberi arti pada kelompokmu itu. Buatlah kegiatan yang lebih bermakna dan memberi rasa bangga dengan capaian prestasi. Itu pasti tidak akan sulit, karena sebenarnya potensi yang ada di kelompokmu itu lebih dari cukup untuk berprestasi.  
Sekolah :  Lebih sering berlatih menjawab soal, hingga kamu hafal rumus dan strategi untuk menjawabnya, ternyata menjadi langkah yang efektif dalam pola belajarmu.
Keuangan : Tanyalah pada nuranimu! Berlebihnya limpahan materi dari orang tua, pergunakan dengan bijaksana. Ingat, masih banyak yang membutuhkan di luar sana.
Pertemanan : Kalau kamu masih harus terus mengandalkan duniawimu, maka sosok idamanmu dipastikan tidak akan segera muncul. Dia takut dengan semua tampilanmu yang mahal itu. Dan sosok yang ada sekarang, semata teman suka-suka. Yang kamu butuhkan untuk pribadimu yang lagi galau saat ini bukan itu.
Kesehatan : cobalah bangun pagi dan berjalanlah dengan kaki telanjang. Alam akan memanjakan kesehatanmu.

ARIES ( 21 MARET – 19 APRIL )

            Hidup itu bak panggung sandiwara. Seperti cokro manggilingan, kita semua pasti akan mengalami naik turunnya kehidupan. Maka, di saat kita di atas, bagaimana kita memanfaatkan anugerah dari Yang Maha Pengasih itu demi peningkatan kualitas ibadah dan keimanan kita, itulah yang membuat kita berbeda dengan anak yang lain. Kamu juga boleh kok mengeritik pola hidup orang tuamu yang tidak peduli sosial itu. Ingat 2012 nanti adalah tahun yang sulit, di mana akan makin banyak keluarga yang termiskinkan secara struktural. Maka, kamu yang berkelimpahan materi, kembangkan empati dan simpati kamu pada mereka, kaum duafa.
            Kenapa paman harus terus mengatakan ini, karena kemarin paman menemukan sosok nenek renta yang meninggal dunia di emperan sebuah toko di depan pasar Johar karena kaliren ( kelaparan ). Kemana para pemimpin di kota ini, sehingga mesti ada ketidakadilan itu. Betapa tidak adilnya dunia, melihat sosok dengan perut kempis dan tulang belulang itu, akhirnya mesti membuang kehidupannya, tersia-sia. Kemiskinan membuat manusia menjadi kufur. Maka kamu, ketuk hati orang tuamu itu. Pahamkan akan arti berbagi. Ingat, belum tentu yang berlebih yang saat ini menjadi milik orang tuamu akan langgeng menjadi milikmu. Roda itu terus berputar, ada saatnya di atas, ada saatnya mesti di bawah.
Sekolah : Berbuat sesuatulah, demi bahagiamu sendiri, bukan demi orang lain.
Keuangan : Jangan terlalu memanjakan nafsumu.
Pertemanan : Lagi-lagi kamu mesti membuang dulu pandangan rendah kamu pada orang yang tidak sekelas denganmu. Sebab, yang akan menjadi korban adalah kebahagiaanmu nanti.
Kesehatan : Kesehatan itu tidak bisa dibeli dengan uang. Sekali kamu sakit, uang segunung pun tidak akan pernah bisa membuatmu bahagia.


TAURUS ( 20 APRIL – 20 MEI )

            Rahasiamu ada di hatimu. Jangan bermain-main dengan nurani. Agar yang putih tetap putih sementara yang hitam silahkan buang agar tidak menjadi racun dalam perjalan panjangmu merunut masa depanmu. 2012 adalah momentum kamu untuk bangkit.  Terpurukmu saat ini, kalau kamu mau instrospeksi, lebih disebabkan karena kelakuanmu. Tidak semuanya bisa dibeli dengan uang. Bahagia itu datang dari hati yang paling dalam. Di wajahmu kamu boleh saja tertawa terbahak-bahak, tapi di hatimu, hanya kamu yang tahu. Maka, sekali lagi, bahagiamu hanya kamu yang bisa mewujudkannya. Bukan dia, atau uang tebal di dompetmu.
            Kamu mesti kembali menata tekad dan semangatmu untuk menatap masa depanmu sendiri. Skala prioritas atas capaian kesenangan hidup keluargamu, hanya kamu yang akan bisa mewujudkannya. Dengan kerja tentunya, tidak dengan kemalasan yang memang menjadi tabiat nomer wahidmu. Lantas ? Bersegeralah untuk bangkit menjumput segala resah yang selama setahun ini membuatmu galau. Angan dan ingin peningkatan kualitas hidup, membutuhkan kerja kerasmu. Sadari itu dan segeralah action!
Sekolah : Kamu hanya malas. Kamu sebenarnya cerdas. Kamu memang pemalas. Kalau kamu tidak bangkit atas kesadaran sendiri, maka teruslah menjadi manusia yang merugi.
Keuangan :  Kamu bukan orang kaya, maka hargailah uangmu yang tidak seberapa itu.
Pertemanan : Jangan keburu berharap yang lebih dari dia. Karena dia sendiri belum sepenuhnya memasrahkan hatinya kepadamu. Masih ada hal yang membuatmu meragu, dan itu adalah sikap dan sifatmu. Perbaikilah, agar semuanya makin menyeru
Kesehatan : Hati – hati dengan matamu. Kalau perlu pakai kacamata


GEMINI ( 21 MEI – 21 JUNI )
           
            Meski hidup akan makin berat di tahun 2012 nanti, kamu tetap harus berjalan, kalau perlu berlari di koridor yang menjadi tugas dan kewajibanmu. Belajarlah lebih keras, agar perjuangan yang akan makin keras dari orang tuamu dalam memenuhi kebutuhan keseharianmu, mendapatkan makna.  Benar sekali, buatlah orang tua mu tersenyum bangga ditengah kepenatannya memperjuangkan rejeki, melihat capaian prestasimu. Tidak usah macam-macam, kamu hanya perlu untuk terus menjadi anak manis, dengan capaian prestasi yang membanggakan.
            Boleh saja kamu iri dengan perilaku keseharian teman-temanmu yang berlebih materi. Tapi yang pasti merekalah yang sebenarnya iri dengan semua prestasi yang kamu capai selama ini. Lihat, banyak diantara mereka yang mengajakmu belajar kelompok kan ?  Maka, pertahankan semuanya itu  dengan tetap merunut jalan panjang yang sudah disiapkan orang tuamu. Bekali hari-harimu dengan doa dan taqwa. Karena itulah yang akan membuatmu bahagia.
Sekolah : Kamu hanya perlu meningkatkan kualitas belajarmu untuk mempertahankan prestasimu.
Keuangan : Sisihkan yang ada padamu untuk temanmu yang lebih membutuhkan
Pertemanan : Boleh kok kamu bermain dengan rasa yang membuatmu melayang itu. Hanya yang perlu kamu perhatikan, jangan keburu memberi satu  tempat di hatimu, karena kamu perlu bertanya pada nurani, dia atau dirinya yang pantas menjadi rindumu
Kesehatan :  Empat sehat lima sempurna, kayaknya itu perlu deh buatmu




CANCER ( 22 JUNI – 23 JULI )
           
            Apabila semasa muda kita santai dan tidak mau bekerja keras untuk kehidupan, tidak mau bekerja keras untuk belajar,  maka kita akan dipaksa bekerja keras saat usia sudah makin menua. Nah, kalian pilih yang mana ? Semuanya tergantung kalian sendiri. Mau kalian, di saat yang lain pensiun karena makin menua, dan seharusnya momong cucu dan  menumbuhkembangkan klangenan, masih dipaksa bekerja demi pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari ? Mau kalian yang sudah terbungkuk dan badan mulai diserang rematik, tetap terus juga berjuang melawan alam yang sekarang sukar sekali diajak bersahabat, demi kebutuhan mendasar, makan minum dan pendidikan anak-anak ?
            Kalau kalian tidak ingin dipaksa oleh kondisi ekonomi yang masih morat-marit, untuk tetap terus bekerja dan bekerja di saay seharusnya kalian pensiun. Maka bekerja keraslah mulai sekarang. Maka, belajarlah dengan giat, pantang menyerah dan tetap mengibarkan ambisi meraih yang terbaik. Gapailah prestasi semaksimal yang bisa kamu raih. Berambisilah, agar ada panduan yang harus kamu taklukkan. Buang rasa malasmu itu. Sirnakan segala kegiatan yang tidak jelas dan tidak ada manfaatnya itu. Tetapkan satu tekad, dan itu adalah kebanggaan orang tua. Dan itu adalah rintisan masa depanmu. Jadi ? Bekerjakeraslah mulai sekarang. 2012 adalah momentum bagi kita semua untuk memancangkan tekad, ambisi dan pencapaian setinggi langit. Setelah itu, actionlah!
Sekolah : Tidak ada hasil tanpa kerja keras. Terus berjuanglah, agar harimu tetap bergairah.
Keuangan : Masih sebatas uang saku.
Pertemanan : Mulailah kembali menata hati. Jangan terlalu percaya pada pandangan pertama, agar rindumu tidak bertepuk sebelah tangan lagi.
Kesehatan :  Cewek berotot boleh juga tuh. Karena itu berarti sehat  

LEO ( 24 JULI – 23 AGUSTUS )
           
            Berjanjilah dengan dirimu sendiri. Jangan terlalu banyak mencari alasan. Apapun tindakanmu, bagaimanapun kamu bersilat lidah, tetap saja kamu yang akan tertuding, tertuduh. Karena semua pasti akan melihat kamu yang menjadi pionernya. Maka yang bisa kamu lakukan sekarang ini adalah, buktikan dengan action. Tidak dengan sejuta debat kusir yang sering kamu pakai untuk mengelak dari tanggung jawab itu.
            Kalau mau jujur, mengakui itu sebenarnya tidak sulit kok. Hanya egomu saja yang terlalu besar, sehingga untuk mengaku bersalah sulitnya minta ampun. Padahal, orang besar adalah orang yang berani minta maaf atas salah dan alpanya. Orang besar itu dijaga oleh maafnya. Orang di lingkunganmu juga sebenarnya tidak terlalu menuntut yang berlebihan kok. Dalam dirimu, kita semua yakin, pasti ada penyesalan itu. Maka, sekali lagi beranilah untuk mengakuinya.
Sekolah : Sebenarnya tidak ada yang harus membuatmu kesulitan seperti itu. Be patient lah. Semuanya pasti akan membaik kembali.
Keuangan : Jangan terlalu berharap. Kamu bakalan akan kecewa.
Pertemanan :  Untuk sementara berhentikan debar itu, untuk menakar seberapa besar sebenarnya  kadar rindumu. Itu semua harus kamu lakukan, agar kamu tidak terkecewakan untuk ke dua kalinya.
Kesehatan : Kalau perlu, kamu memakai masker saat berkendaraan. Karena kamu punya riwayat asma.


VIRGO (24 AGUSTUS – 23 SEPTEMBER )
           
            Tahun baru 2012, adalah harapan. Beranilah. Rubahlah dirimu. Kamu yang lalu, adalah masalalu. Kamu yang tidak pernah bisa percaya diri, harus menjadi histori. Potensi yang ada pada dirimu, lebih dari cukup untuk kamu memancangkan tinggi tekad dan semangatmu menggapai asa yang lebih baik. Ingatlah, kamu sebenarnya adalah pribadi yang hangat, tidak terlalu pintar sebenarnya tapi cerdas. Kamu juga penuh empati. Simpatimu pada teman yang bermasalah, itulah nilai lebihmu. Kenapa semua itu tidak makin kamu kembangkan di momentum tahun baru yang sebentar lagi menjelang.
            Jadi, kembalilah menjadi dirimu sendiri. Masa lalumu yang salah dalam menetapkan teman, adalah arus air yang mengalir deras. Semuanya yang buruk  akan meninggalkanmu, apabila kamu bertekad menjadi dirimu yang sebenarnya. Anggaplah, masa tidak menyenangkannya dirimu di tahun lalu, karena harus selalu bermusuhan dengan keluarga dan lingkungan sekolahmu, adalah petualangan masa pancarobamu yang penuh godaan. Setelah itu, tinggalkan. Kamu masih bisa menjadi anak manis yang menjadi kebanggaan keluarga besarmu.   
Sekolah :  Berbuat semampumu. Maksimalkan energimu, agar tidak ada penyesalan di kemudian hari
Keuangan : Sedekah itu tidak akan pernah mendatangkan kerugian.
Pertemanan : Padu, adalah saat kamu bisa mengalahkan ego dan keakuanmu. Dan dia membutuhkan perhatian, meski untuk hal-hal yang kecil. Karena, terkadang rasa sayang itu diukur atasnya.
Kesehatan : Hati-hati dengan emping dan makanan berlemak lainnya.


LIBRA ( 24 SEPTEMBER – 22 OKTOBER )
           
            Demi waktu yang memanggil/semuanya menjadi gigil, dingin membilu menusuk di keakuan diri / sepertinya permainan itu kembali melibatkan nurani / sesudahnya, hanya semu yang mengucur untuk segala / hanya kesia-siaan meski yang Rahman Rahim memanggili//
            Demi waktu yang memanggil. Janganlah kamu menjadi manusia yang merugi, yang menghilangkan kesempatan untuk menjadi baik. Yang  memutuskan tali silaturahim. Yang meninggikan diri, padahal senoktah saja tidak akan terperi manusia di atas dzat Nya. Wujudkan angan dan  inginmu, di atas jalur yang telah ditetapkan Nya. Ibadahmulah yang nanti akan menjagamu, dari kekufuran dan kenistaan di dunia dan akhirat. Maka, sekaranglah saatnya kamu menjadi baik. Menjadi insan kamil.
Sekolah : Perjuanganmu menjadi yang terbaik adalah ibadah. Capai itu dengan kejujuran.
Keuangan : Sabarlah, semuanya akan kembali membaik
Pertemanan :  Jangan paksa dirimu untuk maju, kalau kamu memang belum benar-benar yakin si dia juga memberikan sinyal yang sama.
Kesehatan : Rutinlah untuk berolahraga


SCORPIO ( 23 OKTOBER – 22 NOPEMBER )

            Cantiklah kamu dari hatimu. Ragawi itu jangan kamu pakai untuk pemenuhan yang instan duniawi. Jaga dan banggalah, karena itulah hidayah yang dianugerahkan Nya, hanya untukmu. Hanya untuk kesenangan dirimu. Tapi, maaf, narsismu itu, jangan terlalu berlebih, karen kalau itu yang terus kamu tumbuh kembangkan, bukannya kebangaan yang kamu dapat. Tapi justru masalah dan problema. Lantas bagaimana dong ? Silahkan bangga, silahkan narsis. Tapi setelah itu, rawatlah anugerah itu lewat ibadah, sikap dan sifat yang baik, yang islami. Agar tetap terus terjaga kelebihanmu itu.
            Yang pasti, jangan obral kelebihan itu. Jangan menjadi murahan. Sebab, saat sifat dan sikap baikmu, lembutnya perilakumu dan empati simpatimu itu bisa terus kamu kembangkan, hidayah itu akan tetap melekat dengan sejuta kekaguman akan kesempurnaan. Nakalmu, usilmu, itu sebenarnya masih wajar  sesuai dengan sifat kekanakan di usia beliamu. Hanya jangan keterusan gitu dong. Sadarilah, kelebihanmu itu membawa konsekuensi yang berat, terkait bagaimana kamu merawat dan menjaganya. Oke ?
Sekolah :  Berdirilah paling depan dalam memancangkan tekad menjadi yang terbaik.
Keuangan : Sesuaikan keinginanmu dengan apa yang ada padamu. Jangan besar pasak daripada tiang.
Pertemanan : Silahkan berpuas diri menerima sejuta limpahan rindu menyeru itu. Sesudahnya, lebih baik kamu menata kebanggaanmu itu, untuk memilih satu yang bisa membuat debar di dada menggebu. Agar kamu bisa melalui hari-harimu dengan penuh keceriaan.
Kesehatan :  Minum air putih di pagi hari, selain menyegarkan juga menyehatkan.


Nb.
Ini bukan garis nasib. Juga bukan ramalam. Ini hanya motivasi untuk kamu aja. Kalau ada persamaan kejadian, itu hanya kebetulan aja. Rak gitu toh guys ?