Sabtu, 19 Februari 2011

BINTANG KAMU

Diasuh :  Paman Riyadi

AQUARIUS ( 21 JANUARI – 19 FEBRUARI )
           
            Jangan risaukan apa yang sudah dijanjikan Allah pada kita, tapi risaulah jika kita lalai terhadap kewajiban kewajiban yang menjadi tanggung jawab kita. Benar, malulah pada dirimu sendiri, setelah itu, instrospeksilah. Sebab, semua yang seharusnya kamu laksanakan, belum kamu laksanakan. Apa yang seharusnya kamu lakukan, pelan mulai kamu tinggalkan. Dan kamu, cenderung bermain dengan segala yang meninabobokan  itu, bahkan dalam intensitas yang makin meninggi. Padahal, semua itu semu. Semuanya, hanya akan menjadikan kamu, anak yang merugi.
            Tapi, semuanya itu belum terlambat kok. Masih ada nurani yang menjadi penjaga atas dirimu yang sebenarnya. Maka, risaulah jika kita lalai terhadap kewajiban yang semestinya kita laksanakan. Dan kamu sebagai pelajar, kewajibanmu adalah belajar dan belajar. Berbakti kepada orang tua dan menjalankan semua perintah dan laranganNya. Itu saja. Maka, cobalah hentikan permainan yang melenakan itu, agar tidak menjadi habbit atasmu dan hari-hari cerahmu. Bisakan ?
Sekolah : Obat untuk hati yang selalu negative thingking  adalah ikhlas. Untuk kekurangpintarnya kamu, tidak ada obat lain selain belajar dan meninggalkan segala kemalasanmu itu. Keberadaanmu akan dilihat dari bagaimana prestasi kamu. Oke ?
Keuangan : Sedikit demi sedikit, lama-lama akan jadi bukit
Pertemanan : Segala yang terucap dibibir terkadang tidak sesuai dengan apa yang ada di hati. Maka, jangan 100 persen memasrahkan diri demi pertemanan itu. Sisakan yang lainnya  untuk intropreksi diri
Kesehatan :  Hujan masih terus turun ya ? Jaga kondisi badanmu yang gampang masuk angin itu.


PISCES ( 20 FEBRUARI – 20 MARET )
           
            Bersyukur atas semua yang telah kalian raih, itulah seutama-utamanya manusia. Anugerah dan hidayah, selalu akan datang begitu semua cobaan menjelang dan bisa kalian selesaikan dengan baik. Bersyukurnya kalian, sujud syukurnya kalian, akan menjadi salah satu dari sekian sifat dan sikap baik yang pantas kalian teladani. Hanya, semuanya harus ada actionnya. Tidak cukup hanya sekedar bersyukur.
            Selain itu, melintasnya dirimu dalam pola pergaulan yang nyerempet bahaya, kalau bisa tidak usah diulangi lagi. Sebab, dari lintasan yang mulanya coba-coba itu, bisa keterusan lho. Dan kalau itu sampai terjadi, kita semua takut, kamu yang dulu akan menjadi orang lain yang asing dengan lingkungan baikmu selama ini. Ingat, cedhak kebo, gupak. Bergaul dengan pedagang minyak wangi, pasti terciprat wanginya. Jadi ? Pilah dan pilih dengan siapa kamu berteman, itu sepertinya yang harus kamu lakukan saat ini.
Sekolah :  Masih belum mendapatkan tantangan. Hanya perlu memperbanyak latihan soal, agar makin familiar dengan menghadapi banyak ragam soal (khususnya bagi kalian yang sebentar lagi mau UN)
Keuangan : Selaraskan antara kemampuan dan kemauanmu, oke ?
Pertemanan : Jangan pernah merasa terbebani oleh kosongnya hatimu saat ini. Karena terkadang, masa jomblomu akan menjadi anugerah agar kamu bisa makin focus pada peningkatan semangat belajarmu.
Kesehatan : Ada masalah dengan kakimu Ya ?

ARIES ( 21 MARET – 19 APRIL )

            Ya Tuhanku, aku telah menganiaya diriku sendiri, maka ampunilah aku.Ya Tuhanku, jangan uji aku dengan cobaan yang aku sendiri tidak bisa menjalaninya. Bagiku, kuasaMu makin tidak terperi, dan aku malu dengan diriku yang telah merugi. Ijinkan aku bangkit dan berteriak keras nyundul langit, agar yang menghambat jalan lurusku tersingkir oleh perkasa dan kuasa MU. Ya, Tuhanku, binarkan untukku semerdu buluh perindu rahasia itu, agar aku bisa mendapatkan semangat untuk tetap bersemangat menempur segala yang menghalangi belajar dan belajar ku.
            Doa panjangmu itu, betapa akan menggairahkan apabila kamu barengi dengan langkah nyata, mengejar semua yang telah kamu pancangkan tinggi ke langit. Semua yang membeban, hanya akan diberikan oleh Nya sebatas kami mampu menjalaninya. Yakinlah itu. Sehingga, kamu tidak perlu harus merintih-rintih, ngudoroso ke mana-mana agar mendapatkan simpati. Yang harus kamu lakukan saat ini adalah, tetap bangkit dan siaplah untuk menyerbu. Sebab, segala beban dan hambatan itu tidak akan menyingkir dengan sendirinya. Semua masalah itu harus kamu hadapi, dengan frontal, tidak cukup hanya dengan doa.
Sekolah : Klub belajar kelompok mu, kenapa tidak kamu aktifkan lagi. Sekalian membantu temanmu yang kurang pandai itu.
Keuangan : Cobalah menyesuaikan keinginan dengan kemampuan keuanganmu.
Pertemanan : Jangan pernah sekali-kali mencoba untuk yang tabu. Sebab, penyesalan selalu datang paling akhir dan itu sangat sakiiittttt sekali.
Kesehatan : Jangan salahkan musim yang tidak tentu. Salahkan dirimu yang tidak mampu menjaga kondisi, itu saja.


TAURUS ( 20 APRIL – 20 MEI )

            Dan jadikanlah aku buah – tutur yang baik bagi orang-orang yang datang kemudian. Benar, jadikanlah hidupku berarti, minimal bagi diriku dan bagi keluargaku. Aku tidak ingin keberadaanku sekedar numpang lewat, tidak menjadi apa-apa. Aku ingin hidupku bermakna. Di sekolahku, aku ingin dikenang lewat prestasi, tidak karena frustasi. Bisa nggak ya ?
            Bisa, sangat bisa sekali. Kalau itu yang menjadi keinginanmu, mulai sekarang kamu harus serius menekuni apa yang menjadi kelebihanmu. Kalau kamu merasa paling jago dalam hal karang mengarang, menulis dan berproses kreatif lewat  bahasa indah, kembangkan dan eksplore itu hingga dalam tataran maksimal. Terus perdalam dan jangan pernah malu untuk ngangsu kaweruh dengan siapa saja, sebab ilmu ada di mana saja. Setelah itu, berposeslah, bermainlah dalam  banyak lomba. Insyaallah, akan  ada banyak prestasi dan itulah yang pantas dikenang atas keberadaanmu.
Sekolah : Persiapanmu menyambut ujian nasional, jangan terlalu kamu paksakan begitu dong. Beri kesempatan otakku untuk sejenak memikir juga soal rindu itu, agar tidak ada lagi stres yang mulai menggejala dalam sikap dan tindak tandukmu saat ini.
Keuangan :  Memberi selalu lebih baik dari menerima.
Pertemanan : Persiapkan dirimu untuk menerima rindu menggebu itu. Karena itu memang untukmu.
Kesehatan :  Terus perbanyak minum air putih.


GEMINI ( 21 MEI – 21 JUNI )
           
            Semua yang ada dan diadakan untukmu saat ini, sebenarnya adalah hasil campur tangan Allah Yang Maha Kuasa, atas  buah kerja keras orang tuamu. Semuanya, karena perkenanNya. Sehingga takaburmu, egomu, yang selalu ingin ditinggikan itu, sama sekali tidak relevan. Sama sekali tidak bisa diterima nalar. Alammu saat ini hanya untuk bermain dan belajar, tidak untuk bersikap adigang adigung adiguna seperti itu. Mengertikan kamu ?
            Ya Allah, berilah aku rasa ridha terhadap putusan Mu dan berkatilah segala apa yang Engkau berikan kepadaku, sehingga aku tiada suka mempercepat apa yang Kau lambatkan dan memperlambat apa yang Engkau cepatkan. Bisakan ?
Sekolah : Kamu sebenarnya pandai, hanya malasnya kamu aja yang kemudian menjadikan kamu terpuruk seperti sekarang ini.
Keuangan : Bersedekahlah! Semakin banyak kamu memberi semakin banyak yang akan kamu terima.
Pertemanan : Rendahkan suaramu, jadilah pendengar yang baik. Maka, lihatlah hasilnya.
Kesehatan :  Gerakkan otot wajahmu dengan senyum dan tawa, jangan terus cemberut begitu. Karena itulah yang memicu rasa pusing yang saat ini terus menderamu.

CANCER ( 22 JUNI – 23 JULI )
           
            Nikmat apapun  yang kamu terima maka itu dari Allah, dan bencana apa saja yang menimpamu, maka itu karena kesalahan dirimu sendiri. Karena kesalahan dirimu sendiri! Jadi, menghujatnya kamu, menyalahkan orang –orang disekelilingmu, menyalahkan Tuhanmu bahkan ,  atas semua kegagalanmu saat ini, sepertinya hanya mencari kambing hitam saja. Padahal, kalau mau jujur, semua akibat itu disebabkan oleh sifat dan sikap tidak baikmu saja. Kamu yang malas, yang selalu menunda pekerjaan, yang selalu ingin menjadi pusat perhatian tapi melalaikan keterbatasan kemampuan diri. Itulah dirimu saat ini.
            Jadi, menyalahkan  gurumu yang tidak jelas menerangkan pelajaran, saat gagal di ujian semesteran kemarin. Sejatinya hanya pelarianmu saja. Ingat, bencana dan cobaan apa saja yang menimpamu, itu karena kesalahan dirimu sendiri. Mau bangkit ? Kembalilah menjadi dirimu sendiri. Terus perkuat aqidah dan akhlakmu. Maka, tunggu saja perubahannya.
Sekolah : Selalu ada kesempatan ke dua. Dan itu jangan kamu lewatkan.
Keuangan : Semoga tidak seperti besar pasak daripada tiang
Pertemanan : Bergandengan tanganlah, tingkatkan terus mutu silaturahmi mu. Maka, disanalah sepenggal ’tulang rusuk’ yang khusus diciptakan untukmu berada.
Kesehatan :  Minuman beralkohol itu, jangan sekali-kali kamu mencoba meminumnya.


LEO ( 24 JULI – 23 AGUSTUS )
           
            Manusia itu tempatnya salah dan alpa. Betapapun kita mencoba mengembangkan pola pergaulan yang sehat, yang islami, tetap saja ada yang harus merasa kurang pas, kurang berkenan. Dan itulah wujud sebenar-benarnya manusia. Selalu tidak pernah bisa sempurna. Begitu juga denganmu. Di mata semua orang di sekelilingmu, keberadaanmu seharusnya sudah demikian perfect, sempurna. Tapi yang namanya iri, dengki, suudhon, negative tinkhing, akan selalu menjadi sifat dasar  manusia yang hakiki. Masalahnya kemudian tergantung kepada bagaimana orang itu menjaga aqidah dan amalannya.
Sehingga bagimu, yang pas kemudian adalah : Mintalah kepada Allah dari anugerah Nya. Sesungguhnya Allah dengan untuk diminta. Agar, semua sifat baik yang telah coba kamu kembangkan dengan ikhlas saat ini, mendapatkan respon positif tanpa dibarengi dugaan dan tafsiran yang macem-macem.
Sekolah : Seharusnya sekolah itu menyenangkan. Sedikit gangguan atas pencarian rasa rindumu, jangan sampai terlalu membeban begitu dong. Dunia itu tak selebar daun kelor.
Keuangan : Wujudkan segera angan dan mimpimu itu sekarang juga.
Pertemanan :  Tulus dan ikhlasnya kamu menerima dia apa adanya, membuatnya merasa nyaman. Maka, segeralah ucapkan apa yang kamu sembunyikan selama ini.
Kesehatan : Jangan terus dipelihara nafsu makanmu yang berlebih itu.


VIRGO (24 AGUSTUS – 23 SEPTEMBER )
            Secara fisik kamu memang perfek, mendekati sempurna malah. Otakmu juga tidak begitu jeblok. Hanya masalahnya, kenapa kelebihanmu itu kamu eksploitir demikian sih ? Apa  menjadi populer seperti itu yang menjadi tujuan akhirmu saat ini ? Populer,  terus dikelilingi banyak kawula yang sendiko dawuh, itukah keinginanmu ? Apakah tidak lebih menyenangkan  berteman dengan siapa saja, bergembira dengan saling mengisi, saling asah asih dan asuh ?
            Maaf kalau boleh paman kasih saran, pergunakan kelebihan yang dianugerahkan Allah kepadamu itu sebagai sarana kamu menanamkan budi baik dan amal ibadah. Pergunakan demi pencapaian makna hakiki kemanusiaanmu, berbagi. Paman yakin, meski di bibir kamu bisa melemparkan senyum, di wajah sempurnamu, kamu bisa menebarkan pesona, tapi di hati kecilmu ada ruangan yang kosong. Ada kehampaan atas pola pertemanan yang kamu kembangkan, karena pada akhirnya tidak ada lagi tantangan yang ingin kamu taklukkan, tidak ada lagi tujuan yang ingin kamu capai. Semuanya, manut, miturut, dan itu semu. Maka, kembalilah merunut jejak panjang yang diberikan orang tuamu yang diatasnamakan aqidah dan akhlak mulia. Kembalilah.....
 Sekolah :  Harusnya nilai-nilaimu juga sempurna kawan. Jangan biarkan yang tidak perlu mengalahkan prioritas kamu sebagai pelajar.
Keuangan : Mesti sejuta kali kamu berharap, hasilnya akan tetap sama saja.
Pertemanan : Makhluk langka itu, seharusnya segera kamu rengkuh dalam dekap islami, agar ada ketenangan di hati kosongmu. Sebab, dia adalah makhluk langaka itu.
Kesehatan : Sayur bayam dan sesekali ca kangkung, boleh kok.


LIBRA ( 24 SEPTEMBER – 22 OKTOBER )
           
             Doa itu otaknya ibadah. Barang siapa yang tidak pernah mendoa kepada Allah, maka Allah murka kepadanya. Doa itu senjata orang yang beriman dan tiangnya agama serta cahaya langit dan bumi. Mintalah kalian kepada Allah dari anugerahNya. Sesungguhnya Allah senang untuk diminta. Jelas ? Petikan hadist di atas akan menjawab semua tanya yang saat ini muncul di gundah hatimu. Akan menjawab semua gelisah resah yang ada di hatimu.
Jangan pernah meminta kepada yang lain selain kepadaNya. Itu intinya. Dan semuanya yang sedang kamu alami saat ini, masih dalam tataran yang wajar kok. Sebagai pelajar, apa yang kamu alami pasti akan dialami oleh yang lain. Jadi, kenapa mesti jadi orset (orang setres ) begitu ? Kalau kamu  merasa beban itu terlalu berat, kembalikan beban kepada yang memberi.  Mengadulah, memintalah kepada Nya. Caranya, berdoalah. Sujudkan dirimu semoksa bumi, lantunkan asmaul husna itu. Dan lihatlah, betapa kuasa Allah akan memberi jalan terang kepadamu. Yakinlah, karena Allah paling senang apabila di minta.
Sekolah : Kenapa kebiasaan mengulang pelajaran selepas sekolah tidak lagi kamu lakukan. Padahal itulah sebaik-baiknya proses pembelajaran.
Keuangan : Hemat pangkal kaya.
Pertemanan : Saat harus mengikuti naluri, tetap terus pertimbangkan nurani. Karena itulah penjaga hatimu yang sebenarnya.
Kesehatan : Sekali dalam setahun mbok kamu general chek up, pasti ada manfaatnya.

SCORPIO ( 23 OKTOBER – 22 NOPEMBER )

Usia mu mungkin masih belia. Belum saatnya kami menanggung beban keluarga itu. Pundak kecilmu semestinya hanya bergerak untuk riang dan gembiranya saat bermain. Tapi, kondisilah yang  membuatmu menjadi dewasa sebelum waktunya. Dan itu  amat sangat menimbulkan simpati dan empati banyak pihak. Karena mesti membeban, kamu tetap bisa menjadi anak yang manis. Yang siap menjadi pendengar, siap mengulurkan tangan, dan siap menebarkan empati. Kamu, benar-benar menjadi kebanggaan, tidak hanya orang tua tapi juga guru-gurumu. Kamu, pantas menjadi teladan bagi semua temanmu.
Subahanallah! Maha besar Allah. Semoga kamu tetap menjadi kamu yang demikian, seterusnya. Paman berharap, segala sifat dan sikap baikmu itu menjadi virus yang menyebar dan menular kepada teman sebayamu, semuanya. Tapi kamu jangan pernah lupa, pada yang memberimu hidayah itu. Sebab, ”Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki.”
Sekolah :  Tidak akan ada yang sulit untuk kamu, karena kamu adalah kamu.
Keuangan : Jangan berangan terlalu muluk-muluk ah.
Pertemanan : Usiamu masih terlalu belia untuk rindu menggebu itu. Untuk senyum tulus dan malu-malu itu, cukuplah sebatas getaran rindu, jangan lebih dari itu.
Kesehatan :  oblok-oblok daun singkong ama tumis kangkung, enak lho. Bergizi lagi. ( eh... emangnya kambing hehehhehhee ..... )


SAGITARIUS ( 23 NOVEMBER – 21 DESEMBER )
           
            Mau berubah menjadi baik ? Instrospeksimu bagaimana ? Sudahkah kamu tanamkan tekad menghujam bumi atas sujud khusyukmu ? Sudahkah alunan asmaul husnamu menyibak semua geletaran yang membiru itu ? 5 waktumu bagaimana ?  Semuanya, hanya kamu yang bisa menjawabnya. Tekad menjadi baikmu, hanya kamu yang bisa merealisasikannya. Hanya kamu.  Meski  doa khusyuk, niat yang ikhlas dan kesungguhan menjalankan tekad dan semangatmu, akan menjadi mesin pendorong atas lajunya keinginan dan niat baikmu itu.
            Tahun 2011 ini, pertaruhkan segalanya demi menjadi baik itu. Karena, paman lihat, kamu sudah lelah anak yang nakal. Kamu sudah bosan, jenuh dan risau sendiri, saat harus menjadi si trouble maker. Hanya sekali lagi, kembali menjadi baiklah kamu di keluarga dan di lingkunganmu. Menjadilah kembali anak yang manis dan baik hati, di keseharianmu. Sebab, kalau tidak, tekadmu hanya menjadi sebatas tekad yang kosong. Dan kembali akan kembali menjadi manusia yang benar-benar merugi. 

Sekolah :  Masa depan adalah hasil kerja keras hari ini, jangan pernah lupakan itu.
Keuangan : Jangan mengharap diluar kemampuan ke dua orang tuamu
Pertemanan : Bermainlah dengan rasa itu, rindu itu akan menjadi buluh perindu, yang mengisi relung-relung indah kalbumu. Tentang pencapaiannya, biarkan deru membawanya untuk padu, meski dengan sedikit ragu.
Kesehatan :  Jaga pola makanmu dong. Entar kalau kegemukan, jadi tidak cantik lagi deh, ya nggak ? He hehhehehe

CAPRICORNUS ( 22 DESEMBER – 20 JANUARI)
           
            Seharusnya kamu bisa berkembang lebih baik lagi, saat potensi dan kebisaanmu kamu kelola dengan baik. Seharusnya, ada banyak waktu untuk semua impianmu itu.  Kamu sepertinya butuh wadah yang lebih besar dan lebih luas lagi, untuk menampung segala gelegak yang hampir meledak di angan dan inginmu itu. Seharusnya, ada lebih banyak peluang untuk semua kepandaianmu itu.
            Hanya sayangnya, kamu berkembang di atas cawan yang membatas. Kami sepertinya meringkuk ditempatmu sekarang. Selebar apa yang disediakan orang tuamu, sama sekali tidak mampu mewadahi segala apa yang membeban dan butuh pelampiasan itu. Padahal deras dan kentalnya angan dan inginmu itu, betapa adalah seluruh nafas pagimu yang memburai. Maka, luasan itu, wadah itu, segala angan dan ingin mu itu, lampiaskan, tuang dan tuntaskan semuanya pada Dia yang Maha Segala. Karena, selain Dia, tidak ada lagi yang lebih pantas mendapatkan segala yang ada padamu. Sebelum yang di dunia ada untukmu, maka Dialah pelarian yang harus kamu runut.   
Sekolah:  Asal ada kemauan, tidak ada yang sulit untuk semua mapel itu.
Keuangan : Tetap terus belajar bekerja, oke ?
Pertemanan :  Kalau mau jujur, menggebunya dia lebih pada keinginan untuk sekedar berteman. Yang rindu dan selalu kamu ingin padu itu, tidak untuknya, tapi dia yang selama ini menjadi pengagum gelapmu.
Kesehatan :  Jangan bermalas-malasan gitu ah. Gerakkan terus tubuhmu, berkeringatlah! Maka, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Okey ?

Nb.
Ini bukan garis nasib. Juga bukan ramalam. Ini hanya motivasi untuk kamu aja. Kalau ada persamaan kejadian, itu hanya kebetulan aja. Rak gitu toh guys ?