Kamis, 16 Desember 2010

10 Terbaik Lomba Cipta Puisi ANAK JILID 1

Yang terbaik adalah mereka yang JUJUR

Akhirnya, lomba CIPTA PUISI ANAK 2010 – 2011 jilid 1 yang mengusung tema KEPAHLAWANAN, berhasil memilih 10 terbaik dari sekitar 500 an lebih puisi yang masuk dari seluruh Jawa Tengah. Panitia memohon maaf kepada seluruh peserta karena ternyata dewan juri yang terdiri dari Timur Sinar Suprabana, Beno Siang Pamungkas dan Achyar Permana, membutuhkan waktu yang lebih panjang lagi untuk memilih 10 terbaiknya.
Dengan mengedepankan originalitas ide, kejujuran berekspresi dan keindahan bahasa, akhirnya dewan juri yang merupakan seniman penjaga garda depan kehidupan berkesenian di Jawa tengah dan sekitarnya, berhasil memilih 10 terbaik diantara ratusanpuisi yang masuk.
Hasil pilihan mereka diantaranya TERIMAKASIH PAHLAWANKU, Karya Ayulina Pithalana, Sekolah SMP Setia Budhi Semarang. PETANIKU. Karya Marco B. Sekolah Kelas V SD Kuncup Melati Semarang. TAK SELALU BERMANDIKAN DARAH, Karya Tania Eva Aprina, Sekolah Kelas VIII A SMP Nasima Semarang. TANGISAN PAHLAWAN, Karya Hening Yuita Rahma M. Sekolah kelas VII G SMPN 1 Kebumen. RADEN AJENG KARTINI, Karya Sofie WN, sek0lah Kelas III C SD Hj. Isriati Semarang. PUISI UNTUKMU TUKANG SAPU JALAN,Karya Aulia Hasna Salma, Sekolah SMP Nasima Semarang. GELORAMU ADALAH GELORAKU, Karya Christina Vera,Sekolah SMP Johannes 23 Semarang. PAHLAWAN DALAM HATIKU
Karya Hanifah Nadya Kartika,Sekolah Kelas VII G SMPN 1 KEBUMEN. NEGERIKU YANG TERJAJAH, Karya Aditya S. Sekolah Kelas IV SD Kuncup Melati. KEBEBASAN IMPIAN PELANGI,Karya Vinca Dia Kathartika P. Sekolah SMP N 1 Jember
Kepada mereka yang masuk menjadi 10 terbaik lomba jilid 1, penyerahan tropi tetap dari panitia dan sertifikat dari Diknas Kota Semarang akan dilaksanakan tanggal 20 September 2010 di Diknas Kota Semarang jalan Dokter Wahidin. Sementara Tabungan Pelajar dari Bank Jateng dan Buku Bacaan untuk perpustakaan sekolah, akan diserahkan serentak kepada seluruh 100 terbaik lomba pada puncak acara pada 17 Agustus 2011 nanti.

Jilid 2
Untuk Lomba CIPTA PUISI ANAK jilid 2, akan diadakan mulai 6 September dan ditutup 6 Oktober . Tema yang akan diusung lomba jilid 2 ini adalah PERSATUAN DAN KESATUAN. Para peserta yang belum beruntung di lomba tahap 1, dipersilahkan untuk kembali menguji ketrampilan dan kemampuannya menulis puisi. Hadiah lomba juga tetap sama, tabungan, sertifikat, buku bacaan dan tropi bergilir dari Gubernur Jateng. 100 puisi terbaik akan dibukukan dalam sebuah buku antologi puisi anak .
Pengumpulan naskah puisi dapat dilakukan di sekretariat lomba, pustaka CONAN jalan Candi Mutiara Selatan III / 304 Jalan Canci Mutiara Selatan III / 304 RT3 RW6 Kalipancur – Ngaliyan – Semarang 50183. Telp. 024. 70151727 – 085 271 8682 56. Atau di Perpustakaan Kota Semarang, jalan Pemuda Semaramg. Toko Buku Gramedia Pandanaran, jalan Pandanaran Semarang. Untuk peserta dari luar kota, naskah tetap harus tulisan tangan sendiri, naskah itu kemudian di scan dan dikirim dalam format jpg ke email: suararemaja@yahoo.com. ( )