Kamis, 16 Desember 2010

10 Terbaik Lomba Cipta Puisi ANAK JILID 3

PUISI VINCA, SMPN 1 JEMBER
3 KALI BERTURUT-TURUT MASUK 10 TERBAIK


Lomba cipta puisi anak 2010-2011, untuk SD dan SMP, memperebutkan piala bergilir Gubernur Jateng, piala tetap dari walikota Semarang, Kadiknas Semarang, serta tabunganku dari Bank Jateng, buku-buku perpustakaan dari Perpustakaan Kota Semarang dan Gramedia, kini telah sampai pada jilid 3. Mengemas tema Ayo Membaca, puisi milik Vinca Dia Kathartika Pasaribu, siswi kelas IX SMPN 1 Jember, kembali masuk dalam 10 terbaik. Berarti, sudah 3 kali berturut-turut puisi Vinca, masuk 10 besar.


“Kalau melihat potensi yang dipunyai, puisi dia memang pantas masuk 10 terbaik. Lihat saja, Horizon, majalah sastra top negeri ini bahkan sudah memajang hasil karyanya. Demikian juga harian Kompas dan beberapa media masa lainnya. Hanya kadang kalau kita tidak tahu benar, sukar dipercaya kalau puisi itu hasil karya anak usia SMP, tapi itulah memang kenyataannya, “ ungkap Achyar M. Permana, dewan juri lomba ini.10 terbaik lomba cipta puisi anak jilid 3
10 tERbaik jilid 3 diantaranya : Antara Gemilap Dunia dan Pengetahuan.Karya: Vinca Dia Kathartika P. Sekolah SMPN 1 Jember Jawa Timur.Bintang Hatiku Karya: Arif Yuni Prasetya.Sekolah : Kelas VII E SMPN 36 Semarang. Puisi Itu Indah Kawan, Karya Hasna Uswatun Nisa, sekolah SMPN 1 Kebumen. Euforia Magnet Ilmu. Karya Danny Saraswati, sekolah SMPN 15 Semarang.Bagai lembaran yang Berdebu.Karya Maulida Nurul Insani,sekolah : SMPN 3 Semarang. Hari Ini, Karya Farihah Hayuningtyas, sekolah kelas VIII B, SMPIT Harapan Bunda.Apa yang Akan Kau Katakan, Karya Aditya Surya Laksana,Sekolah kelas IV SD Kuncup Melati. Senyum dibukuku.Karya Yesy Ayu Aryani,Sekolah kelas VI D, SD Nusaputra. Buku Cahaya Masa Depan, Karya R. Muh Ridwan Rizqi Kusumo,Kelas VII D, SMPN 2 RSBI Semarang.Membaca
Karya Hanum FD, sekolah kelas IX MTs Futuhiyah 2 Mranggen Demak

Penyerahan hadiah akan dilaksanakan di Kantor Perpustakaan kota Semarang jalan Pemuda, Senin 15/11, jam 08.00. Diharap para pemenang bisa hadir mengambil hadiahnya masing-masing.
Rata-rata puisi yang masuk untuk lomba jilid 3, makin meningkat tajam kualitas dan kedalaman maknanya. Dari sisi kuantitas bahkan terjadi peningkatan yang cukup tajam, sehingga puisi yang masuk ratusan jumlahnya. Dari Sayung Demak, Pati, Kudus, Kebumen dan kota-kota lainnya, dari SD dan SMP, makin menambah banyak sekolah yang berpartisipasi dalam lomba.
Kepada sekolah yang belum berhasil, menurut didik m. Riyadi selaku koordinator lomba, sangat diharapkan tidak berputus asa, karena lomba masih ada 7 jilid lagi. “Tujuan dari lomba ini adalah agar anak bisa mendapatkan pembelajaran, khususnya di mapel sastra, sehingga kalah menang bukan lagi menjadi tujuan utamanya, “ ungkapnya.

Lomba jilid 4
Untuk lomba jilid, panitia yang dibantu Yayasan Mardi Waluyo mengusung tema AYO BERAMAL. Hal ini terkait dengan banyaknya bencana yang terjadi di negeri ini, termasuk bencana Merapi dan lainnya. Pengumpulan puisi mulai 5 November lalu, paling lambat 5 Desember, dan pengumuman 10 terbaik 9 Desember. Penyerahan puisi bisa di sekrePenyerahan hadiah akan dilaksanakan Minggu, 12 Desember , di aula RS Hermina jalan Pendanaran Semarang, sekaligus pelatihan menulis dan membaca puisi. Kepada mereka yang telah menjadi 10 terbaik atau yang belum berhasil menang, berita ini sekaligus sebagai undangan. (.)