Minggu, 02 Januari 2011

Bermain dengan BINTANG


KAMU    ‘THE STAR’
Diasuh :  Paman Riyadi

           
CAPRICORNUS ( 22 DESEMBER – 20 JANUARI)
           
            Tahun baru, semuanya mesti baru. Tidak cuma baju dan aksesoris baru. Semuanya yang ragawi itu, diperlukan memang, tapi tidak sangat dibutuhkan. Sebab, bagi mau, bagi kita semua, semangat baru, pola pikir baru, sikap dan sifat baru, ego yang mulai kembali di tata menjadi baru, itulah yang penting. Target dan pencapaian juga mesti disesuaikan, karena tahun baru berarti problema dan situasi kondisi baru.
            Hehehe kalau kamu masih tetap terus mengembangkan sifat malasmu, manja dan suka merajukmu. Egomu yang tidak kenal kompromi itu, kalau masih terus ada didirimu. Maka kamu akan menjadi sejarah. Kamu, akan ditinggalkan oleh teman-temanmu yang telah beralih rupa menjadi orang lain dengan semangat dan target baru. Tahun baru adalah momentum untuk berubah. Tahun baru harus menjadi awal baru untuk langkah majumu menjemput semua resah yang ada di hati putihmu. Oke ?
Sekolah:  Semangat baru untuk pelajaran di semester baru. Itu saja yang harus kamu pikirkan, bukan yang lain.
Keuangan : Tetap miskin karena sifat borosmu itu
Pertemanan :  Seharusnya rindu menggebu itu hanya untuk kamu, bukan untuk temanmu. Tapi biarlah, karena rindu baru itu lebih merayu dan lebih syahdu.
Kesehatan : Awas, januari, hujan sehari-hari. Jaga kondisi!

AQUARIUS ( 21 JANUARI – 19 FEBRUARI )
           
            Tahun barumu bagaimana ? Adakah keinginanmu untuk kembali memancangkan tinggi tekad dan ambisi menjadi yang nomer satu di sekolahmu ? Semester lalu, biarlah yang menggebu itu mengalahkan semua tekadmu. Biarlah pengalaman rindu itu menjadi hiasan manis atas masa remajamu yang indah. Setelah itu, mari kita pakai momentum pergantian tahun ini sebagai  penentu demi raihan masa depanmu.
            Meski dari berbagai sisi manapun, tidak ada yang salah dalam pola pergaulanmu, tidak ada yang aneh pada pola pertemananmu, juga peran sentralmu di keluarga, tidak ada yang bisa dinegatifkan. Tapi meskipun demikian, tetap harus ada pembenahan, penekanan pada skala prioritas, pada penempatan posisimu yang terus mengalah dan selalu siap menjadi pendengar untuk banyak temanmu. Coba sekali saja kamu tegakkan kepalamu, tengok kanan kirimu, dan lihatlah kenyataan, kamu sebenarnya sangat dibutuhkan teman-temanmu tidak hanya sebagai pendengar. Kamu dibutuhkan karena kamu adalah kamu. Yang pintar, sabar, baik dan manis. Kamu harus menjadi dirimu, oke?
Sekolah : Terus berkembanglah dengan ikhlas dan luasnya hati. Maka, kamulah sosok ideal yang dibutuhkan banyak temanmu di usia pancarobanya.
Keuangan : Yang sedikit itu, akan sangat bermanfaat kalau dihemat
Pertemanan : Ada banyak janji untuk mengisi hari-harimu. Tapi jangan keburu mengucap, sebab hatimu masih tetap saja belum mantab.
Kesehatan :  Terus perbanyak gerak badan, karena itu baik untuk tumbuhkembang tulang dan sel-sel mu


PISCES ( 20 FEBRUARI – 20 MARET )
           
            Tahun baru agak kebablasan ya kemarin ?  Okelah, anggap itu sebagai pengalaman hidup yang sangat berharga. Buat itu sebagai perjalanan panjang masa remajamu. Setelah itu, coba kembali perdalam sujud khusyukmu. Hujam tajamkan hatimu saat dahimu menyentuh dinginnya bumi. Sesudah itu pertajam nuranimu, tanya ke kesenyapan dini itu, apakah semua sikap sifat, ego dan kedirian, tekad semangat dan budi pekertimu sudah benar-benar merunut di jalan lempang Nya?
            Instrospeksi dirimu, cari hakiki atas perjalananmu selama setahun itu. Saat mulai muncul secercah sinar itu, artikan itu sebagai semangat untuk lebih baik lagi. Pegang itu sebagai rintisan larinya kamu dari semua sifat sikap yang tidak baik. Matangkan dalam sebuah target dan sasaran pencapaianmu. Dan karena sebagai pelajar kamu mesti mencari nilai sempurna atas banyak pelajaran, maka disitulah muara atas semuanya. Restu dari orang tuamu, jangan sampai ketinggalan. Setelah semuanya oke, maka manislah kamu.   
Sekolah :  Optimis dan selalu optimis. Tularkan itu ke teman-temanmu.
Keuangan : Selalu, kemauan tidak sebanding dengan kemampuan
Pertemanan : Jangan pernah takut ditinggal dalam sepinya diri. Karena, rindu selalu akan datang saat yang sendu itu mulai bersitatap dengan kamu
Kesehatan : semuanya pasti baik-baik saja, kalau kamu tetap mau rutin joging

ARIES ( 21 MARET – 19 APRIL )
            Dengan ’sabahat karib’ mu pas tahun barumu lalu, kamu sempat memancangtinggikan angan dan inginmu ya.  Itu sebenarnya  tidak salah. Bahkan kamu harusnya beterimakasih padanya atas semangat dan semangatnya yang tidak pernah surut itu. Kamu semestinya bisa terus berkawan baik dengannya. Agar terus terjada tekad atas angan dan inginmu itu. Kalau perlu, perdalam persahabatanmu itu. Sebab, kamu dan dia, adalah sebenar-benarnya yang padu, sepasti-pastinya yang saling mengerti.
            Persahabatan yang dalam, adalah seindah-indahnya silaturahmi antara dua manusia. Atasnya, dijauhkan yang namanya nafsu ragawi. Kepadanya, diberikan ketulusan dan keikhlasan untuk saling melengkapi. Atas keinginan untuk saling memberi, ada kebahagiaan saat harus berbagi. Dan itulah yang seharusnya ada dan muncul di usia beliamu. Masa remajamu terlalu indah dan terlalu manis, saat harus dikotori oleh perilaku hedonis yang menjerumuskan itu. Maka, jadilah dirimu, jangan jadi orang lain.
Sekolah : Saling melengkapi itu menyenangkan, perdalam terus semangat belajar bersama itu. Kalau perlu ajak temanmu yang kurang, agar tertular kepandaian kalian.
Keuangan : Tidak ada kata terlambat untuk memulai yang baru
Pertemanan : Persahabatanmu sudah demikian dalam, dan kalian padu. Maka, bolehlah kalian menyatu, tidak untuk yang saru lho.
Kesehatan :  Jangan pernah menyerahkan kesehatanmu pada segala yang tidak pasti itu.

TAURUS ( 20 APRIL – 20 MEI )

            Seharusnya tahun baru selalu untuk yang baru. Tapi yang lama semestinya juga tidak harus begitu saja ditinggalkan. Sebab, terkadang masih ada yang belum tuntas, masih ada yang harus dilanjutkan. Yang lama, kalau memang bisa ditutup dengan sukses, maka itulah yang lebih dulu ditinggalkan. Sedangkan, yang masih membutuhkan tindak lanjut, masih membutuhkan penanganan berkelanjutan, harus tetap menjadi skala prioritas untuk segera diselesaikan.
            Dan kamu, harus lebih dulu menyelesaikan apa yang menjadi tugas pokokmu sebagai anak yang harus berbakti kepada orang tua. Kamu, harus menyelesaikan beban yang ada dipundakmu, sehingga orang tuamua, akhirnya bisa memutuskan pilihan, akan ke mana ?  Selain itu, masih ada tugasmu yang lain yang mesti kamu tingkatkan mutu dan kualitas pencapaiannya. Agar kamu tetap menjadi kamu, yang pintar dan tidak sombong. Kamu, yang punya atensi dan kesabaran seluas samudra. Kamu masih punya beban, itu yang kamu harus tindaklanjuti. Jangan melulu mengejar yang baru.
Sekolah : Segalanya saat dilakukan dengan senang, hasilnya pasti akan maksimal
Keuangan : Jangan besar pasak daripada tiang ya.
Pertemanan : Yang selalu seiring itu belum tentu untuk dirimu. Buka terus hatimu.
Kesehatan :  Jangan tinggalkan semua yang menyehatkan itu.


GEMINI ( 21 MEI – 21 JUNI )
                       
            Mercon dan kembang api milikmu, memang bisa menyemarakkan malam pergantian tahun baru lalu. Kamu boleh bangga telah memberikan kegembiraan pada banyak anak di lingkunganmu. Kamu berhak senang atas semuanya itu. Tapi, lihatlah disekelilingmu, lihatlah di rumah ujung sana. Betapa, ada saudaramu yang ternyata masih harus menahan lapar di saat semuanya dimabuk suasana. Meski tidak lebih dari setetes air, sebenarnya akan lebih membanggakan apabila segala fasilitas untuk hura-huramu itu kamu salurkan untuk mereka.
            Kamu saat ini memang lagi dimanja oleh keberadaan orang tuamu yang berlebih. Semuanya ada, dan semuanya bisa diadakan sesuai dengan angan dan inginmu. Tapi tentunya tidak untuk semua sifat manja dan ego tinggimu itu. Seharusnya kamu bisa menjadi anak yang menyenangkan dengan semua kelebihanmu itu. Seharusnya, kamu bisa menjadi pahlawan bagi lingkungan. Tapi kenapa kamu lebih memilih menjadi si trouble maker di semua tempat kamu berada. Belum terlambat untuk kembali menjadi diri kamu yang dulu, yang sederhana dan penuh pengertian. Yang selalu ikhlas memberi dan tidak pernah menuntut diberi. Tahun baru ini, jadikan awal kamu melangkah menjadi yang dulu. Semoga.
Sekolah : Fasilitas jangan membuatmu terlena. Belajar tetap harus membaca dan membuka buku sendiri, oke ?
Keuangan : Kamu memang berlebih soal uang. Bersedekahlah !
Pertemanan : Saat ini, teman adalah mereka yang bisa kamu manfaatkan. Dan itu tidak akan langgeng. Karena hati tetap tidak akan bisa memungkiri munculnya tulusnya berbagi.
Kesehatan :  Sejak dulu perut menjadi sumber penyakit bagimu. Jagalah.

CANCER ( 22 JUNI – 23 JULI )
           
            Boleh saja kamu protes pada seluruh dunia. Boleh saja kamu menghujat ketidakadilan yang kamu terima. Silahkan berteriak nyundul langit melaporkan kesengsaraan yang kamu alami saat ini. Itu semua hakmu. Itu semua menjadi milikmu yang hakiki. Hanya, paman harap, berteriaknya kamu, menghujatmu kamu, protesnya kamu, tahu situasi dan kondisi dong. Ngudoroso nya kamu, jangan kepada siapa saja, di mana saja gitu dong.
            Sebab, orang lain juga ada yang sependeritaan seperti kamu. Orang lain ada juga yang bernasib sama sepertimu itu. Hanya mereka lebih santun dalam berekspresi. Mereka lebih memakai hati saat harus membagi kesengsaraanya. Apa yang kamu alami saat ini, sebenarnya tidak ada apa-apanya dibandingkan yang lain. Hanya sifat manjamu saja yang akhirnya membuat semuanya seolah menjadi mimpi paling buruk bagimu. Benar, jomblo di saat pergantian tahun itu sudah biasa. Banyak teman-temanmu yang mengalaminya. Maka, melenguhnya kamu menyuarakan segalanya sebagai penderitaan yang tidak terperi, hanya akan menunjukkan siapa sebenarnya kamu. Kamu mau diremehkan orang lain hanya karena itu ?
Sekolah : Beri kesempatan ke dua dirimu untuk kembali mencoba
Keuangan : Memberi itu lebih menyenangkan daripada meminta
Pertemanan : Datangnya dia, bak petir di siang bolong. Tinggal kamu siap menerimanya apa tidak.
Kesehatan :  Semuanya terserah kamu. Gaya hidupmu mesti kamu rubah

LEO ( 24 JULI – 23 AGUSTUS )
           
            Sederhananya kamu, sudah tentu tidak bisa dipakai untuk mengukur kemampuan finansialmu. Sifat dan sikap baikmu, itulah yang bisa menjadi parameter kalau kamu adalah anak yang baik. Pergantian tahun baru kemarin, adalah bukti kebesaran hatimu. Keinginanmu untuk berbagi bahagia dengan kaum duafa, adalah dahaga yang didamba keluargamu. Benar, saat yang lain mengusulkan banyak acara dan tempat merayakan pergantian tahun , usulanmu  itu lantas saja membungkam semua.
            Kepedulianmu, sungguh menjadi mercu suar yang menuntun langkah keluarga menjadi lebih bermakna. Dan itu sanggat membanggakan. Maka, berbaginya kamu dan keluargamu itu, sangat diharapkan menjadi pola hidup yang sehat dan menyehatkan. Dan kamu, boleh berbangga hati, karena mampu memberi arti lebih atas diri dan keluargamu di mata orang lain.
Sekolah : Tidak ada yang sulit saat kamu punya semangat untuk tetap terus belajar
Keuangan : Katanya kamu ingin belajar bekerja ? Kenapa tidak kamu lakukan sekarang
Pertemanan :  Tulusnya rasa itu, begitu sangat mengharukan. Terus pupuk itu dengan rasa percaya dan niat ikhlas untuk berbagi susah bahagia dengannya.
Kesehatan : Jajan pasar itu lebih menyehatkan daripada junk food itu.


VIRGO (24 AGUSTUS – 23 SEPTEMBER )
            Cinta yang terakhir ? Apakah rayuan itu muncul karena rasa inginmu saja ? Atau muncul dari dasar hati terdalam, untuk diatasnamakan menyatunya dua hati menuju kesempurnaan yang hakiki ? Jangan pernah memanfaatkan dan mempermainkan ’rasa’ itu, hanya demi kesenangan, apalagi nafsu duniawi.  Kesempurnaan atas raga yang dianugerahkan Yang Esa, jangan  menjadi alat mengumbar segala. Semuanya ada batasnya. Semua ada titik baliknya.
            Kemahasegala  Yang Esa, tidak akan mungkin terbantahkan. Seharusnya kamu sadari itu. Sebelum yang baik dijungkirbalikkan menjadi buruk. Yang rupawan dijadikan si buruk rupa. Yang sempurna diubah tidak sempurna. Maka bisakah kamu, di awal pergantian tahun ini, menata hati untuk kembali fitri. Memperbaiki kualitas hati, agar tetap terperi. Sehingga, semua sifat dan sikap burukmu itu tidak lagi berlanjut. Menjadi play boy itu tidak sebuah prestasi kok.
Sekolah :  Pelajaran hafalan memang menyebalkan. Tapi kamu tidak boleh lari darinya.
Keuangan : Belajarlah menerima apa adanya.
Pertemanan : Yang menggugat itu, siapapun dia, adalah mahluk langka yang harus kamu dapat.
Kesehatan : Jangan over training ya.


LIBRA ( 24 SEPTEMBER – 22 OKTOBER )
           
             Hujan selalu dipergantian tahun, pertanda apa ini ? Januari kan bisa diartikan juga hujan sehari-hari. Lepas dari semuanya itu, kamu memang bisa diandalkan kalau terkait pada pemanfaatan waktu demi keuntunganmu. Meski pada akhirnya apa yang sedang menjadi proyekmu bobor, hanya balik modal, karena faktor cuaca yang kurang mendukung itu. Tetap saja, apa yang menjadi pemikiran dan olah kreatifitasmu itu patut diacungi jempol, kanan kiri lagi.
            Tidak salah. Ide kamu untuk memulai belajar berbisnis, dengan membuat aneka terompet yang indah dan penuh kreasi itu,  tetap sebuah ide briliyan. Keluarga bahkan tidak pernah mengira kamu mempunyai ide seperti itu. Meski pada akhirnya, banyak dagangannya yang teronggok di pojok ruangan, tidak laku akibat hujan lebat mengguyur kota tercinta ini. Tidak usah bersedih. Masih ada waktu untuk menjual terompet-terompet mu itu. Tetaplah terus belajar dan belajar. Insting kamu dalam memanfaatkan waktu, demi sebuah proses pembelajaran, pertahankan itu. Karena itu akan menjadi awal dari mulai berjalannya proses keberhasilan kamu.
Sekolah : Jangan pernah di dikte oleh waktu. Tapi manfaatkan waktu itu untuk terus belajar dan belajar.
Keuangan : Setiti dan nastiti. Itulah kamu adanya.
Pertemanan : Nurani selalu tidak akan pernah bisa berbohong. Ikuti saja nalurimu
Kesehatan : Jangan coba-coba bahkan hanya setetes sekalipun, minuman setan itu


SCORPIO ( 23 OKTOBER – 22 NOPEMBER )

            Menjadi terkenal, jangan malah membeban. Menjadi pintar dan selalu masuk rangking di sekolah, jangan malah membuatmu gamang begitu dong. Kalau mau selalu harus malu menyandang semua yang sudah menjadi resiko seorang yang pandai dan bisa segala itu, memang sudah sewajarnya. Karena kamu memang seorang yang sederhana, terlalu rendah hati malah, dan selalu tidak ingin menonjol. Tapi masak sih, kamu mesti merasa ketakutan saat banyak mata tertuju kepadamu dengan tatapan kekaguman begitu ?
            Kawan, semua yang seharusnya kamu terima itu, terimalah. Semua yang memang menjadi hakmu itu, terimalah. Kamu memang pantas dikagumi. Kamu pantas untuk diteladani. Apakah karena pada akhirnya, banyak orang yang kemudian mengutarakan ’rasa’ nya kepadamu ? Apakah karena banyak temanmu yang meminta ’lebih’ dari sekedar sahabat kepadamu ? Itukah yang menjadi sebab dari semua tindakanmu itu ? Hehehe kamu ternyata sudah menjadi remaja seutuhnya kawan. Yang harus merasa malu saat  sebuah ’rasa’ yang asing menyergap. Dan itu anugerah. Maka .....  semuanya terserah kepadamu seorang.
Sekolah :  Tidak ada perjuangan yang tidak menuntut pengorbanan
Keuangan : Tangan di atas lebih mulia daripada tangan dibawah.
Pertemanan : Bingung dengan semua uluran itu ya ? Mantapkan hatimu dan tanya hati kecilmu, dengan siapa kamu paling nyaman dan aman berjalan.
Kesehatan :  Jangan hanya kangkung, bayam, gori dan janganan lain dong



SAGITARIUS ( 23 NOVEMBER – 21 DESEMBER )
           
            Kalau harus mengomentari semua tingkah lakumu selama satu tahun yang lalu, hanya ada satu kata, belang belonteng. Kamu, tetap menjadi anak yang labil. Kadang menjadi anak yang sangat baik, penuh pengertian dan pintar. Tapi tidak jarang, kamulah yang menggagas sebuah ide gila untuk bermain-main dengan kesabaran orang. Kamulah yang terkadang menjadi si trouble maker, atas rutinitas keseharian baik di rumah maupun di kelas.
            Maka, di momentumnya pergantian tahun ini, menjadi sangat membanggakan sekali apabila kamu bisa makin memantapkan sikap dan sifat baikmu, agar tetap menjadi anak yang baik. Segala kelakuan yang kurang baik di tahun lalu, anggap saja sebagai nakalnya anak-anak, yang memang harus terjadi dan dialami oleh semua anak di masa akhil baliknya. Bagaimana, bisakan ?
Sekolah :  Masa depan adalah hasil kerja keras hari ini, jangan pernah lupakan itu.
Keuangan : Hanya sebatas uang saku saja kok.
Pertemanan : Getaran itu, boleh kok apabila kamu mau merunutnya. Mungkin dialah  yang kamu tunggu selama ini.
Kesehatan :  Jangan terlalu minum es kombor begitu ah.


Nb.
Ini bukan garis nasib. Juga bukan ramalam. Ini hanya motivasi untuk kamu aja. Kalau ada persamaan kejadian, itu hanya kebetulan aja. Rak gitu toh guys ?