Sabtu, 18 Desember 2010

pelatihan jurnalistik 10 JAM SIAP JADI WARTAWAN

            LP2B [ Lembaga Pelatihan dan Pengembangan Bakat ], sebuah lembaga nir laba yang satu atap pengelolaannya dengan pustaka CONAN, menawarkan kepada sekolah mulai dari SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi sebuah pelatihan intensif bagaimana menjadi wartawan siap pakai, hanya dalam waktu 10 jam.
            Dalam pelatihan ini, siswa akan diajak untuk langsung praktek ke lapangan, menemukan banyak masalah, banyak kendala, yang biasa dihadapi oleh banyak wartawan saat peliputan. Dari masalah dan kendala itulah yang kemudian akan dicarikan solusi terbaiknya, dalam sebuah forum diskusi interaktif antara siswa dengan trainer dari LP2B. Siswa akan dilibatkan secara aktif, itu intinya, sehingga ada proses pembelajaran yang benar-benar dialami sendiri, dikerjakan sendiri.
            Segala teori dan aturan dasar penulisan di media masa, juga macam dan tipe narasumber hingga kode etik jurnalistik, akan diberikan dalam awal praktek sebagai bekal sebelum terjun ke lapangan. Kaidah 5W 1H akan dimatangkan saat praktek liputan langsung ke lapangan, sementara kendala terkait narasumber akan langsung dicarikan solusinya. Itulah pola pembelajaran yang akan dilaksanakan dalam program 10 jam siap ke lapangan.
            Siswa akan di ajak liputan langsung ke lapangan, itulah intinya. Dan itu dimaksudkan agar anak bisa memperoleh  pembelajaran langsung , baik yang menjengkelkan dan atau menyenangkan. Output yang diharap, akan muncul pengalaman dan pembelajaran pada diri siswa, sehingga saat mereka harus menggarap media sekolah misalnya, sudah ada pengalaman lapangan yang bisa dijadikan pegangan.
            Pelatihan lay out dasar media dengan corel draw dan photo shop  juga akan diberikan. Sehingga saat pelatihan selesai, siswa selain akan bisa mencari dan menulis berita, dia juga akan bisa mengerjakan sendiri lay out majalah sekolahnya. Dia akan mempunyai ketrampilan praktis menata, membentuk dan me lay out media sekolahnya sendiri. Ketrampilan dasar ini akan makin berkembang saat siswa terus dan rutin mempersiapkan dan membuat media internal di sekolah masing-masing.
            Jangan takut, setiap permasalahan yang muncul selepas pelatihan, kita semua dari LP2B akan siap datang untuk memberikan advis dan pembelajaran lagi. Itu semua dilakukan sampai siswa sebuah sekolah, siap dan mampu mengerjakan sendiri media sekolahnya, mulai dari mencari, menulis hingga mendesain tampilan majalah/buletin/tabloid sekolahnya.

murah meriah

            Benar sekali, pelatihan dan pembelajaran di LP2B murah meriah kok. Sekolah yang menginginkan mendapatkan pelatihan minimal harus ada 25 siswa. Hal itu di maksudkan agar tetap ada terus regenerasi di sekolah itu, karena untuk ekskul jurnalistik yang muncul adalah proses seleksi alam. Di mana yang bertahan adalah mereka yang benar-benar punya minat dan bakat serta mau dan senang. Selain itu, pasti akan mrotoli, dan hilang dan atau mengundurkan diri.     Sebuah buku CARA GAMPANG JADI WARTAWAN, akan siap menjadi paduan utama siswa untuk dipelajari selepas pelatihan. Semuanya ada dan siap di buku itu.
            Setiap siswa diharapkan bantuannya untuk mempersiapkan dana Rp 50 ribu. Dari dana sebesar itu, sebuah pelatihan intensif lengkap dengan buku panduan akan disiapkan khusus untuk kalian semua. Jadi tunggu apalagi, segera hubungi kami, maka kami akan meluncur ke sekolah kalian untuk berbagi ilmu dan pengalaman kami.
            Oh ya hampir lupa, sebuah majalah berita remaja EKSPRESI, siap menjadi sarana praktek dan atau magang kalian, saat sebuah media internal milik sekolah kalian sedang kalian persiapkan penerbitannya. Semuanya itu untuk kalian, jangan lupa itu. Oke ?

Kontak kami :

Didik M. Riyadi
Pustaka CONAN
Jl. Candi Mutiara Selatan III / 304
Kalipancur – Ngaliyan – Semarang 50183
Telp. 024.70151727 – 085 271 8684 56
Atau lihat profil kami di :
http://pustakaconan.blogspot.com/